Shidew

Senin, 13 Juni 2011

RPP IPA

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : IV / 2
Hari / Tanggal : Selasa / 12 April 2011
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Pertemuan : 1 X Pertemuan

Standar Kompetensi : Memahami perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan berbagai penyebab perubahan lingkungan fisik (angin, hujan, cahaya matahari, dan gelombang air laut)
Indikator : Peserta didik dapat menjelaskan kejadian erosi yang disebabkan oleh air dan angin
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat memahami kejadian erosi yang disebabkan oleh air dan angin
Materi : Perubahan Kenampakan pada Bumi dan Langit
Metode :
a) Pendekatan Inkuiri
b) Metode eksperimen
c) Metode tanya jawab
d) Metode diskusi
Alat dan Sumber :



a) Alat :
1. 2 buah gundukan pasir
2. Air 300 cc dan
3. Kipas
b) Sumber :
1. Standar Isi 2006
2. Buku Dunia IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) kelas 4B Penerbit Yudistira halaman 34
c. Buku sumber siswa
Langkah - langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan awal (15 menit)
1) Berdo'a
2) Absensi
3) Memberikan motivasi belajar
4) Menyampaikan tujuan pembelajaran
5) Memberikan kesempatan pada anak untuk bertanya tentang materi yang akan diajarkan
Kegiatan inti (90 menit)
1) Penyajian masalah
- Guru menyajikan masalah berupa pertanyaan permasalahan, "Apakah daratan kita berubah-ubah?"
- Guru bertanya, "Coba, gejala alam apa yang sering terjadi sehingga terjadi perubahan daratan?"
2) Pengumpulan data (Vertifikasi)
- Guru membagi siswa ke dalam 8 kelompok
- Siswa mencari sumber baik bertanya pada narasumber maupun mencari dari buku sumber tentang permasalahan gejala alam yang sering terjadi sehingga terjadi perubahan daratan
3) Eksperimen
- Siswa dibagi ke dalam 8 kelompok
- Guru membagikan lembar praktikum
- Guru dan siswa bersama - sama melakukan eksperimen sesuai dengan yang tertuang pada lembar praktikum
- Siswa membuat gundukan pasir (penampakan gunung) pada wadah A
- Siswa menyiram gundukan pasir (penampakan gunung) menggunakan air
- Siswa membuat gundukan pasir (penampakan gunung) pada wadah B
- Siswa mengipasi pasir menggunakan kipas
4) Mengorganisir data dan merumuskan penjelasan
- Siswa merumuskan penjelasan dari hasil eksperimen erosi tanah
- Siswa mengemukakan hasil rumusannya di depan kelas per kelompok
- Siswa melakukan diskusi seputar erosi tanah
5) Analisis proses inkuiri
- Dengan bimbingan guru, siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran guna menggali pengalaman belajar yang telah dilakukan
- Siswa mengajukan pertanyaan - pertanyaan
- Guru memfasilitasi siswa memperoleh pengalaman bermakna mengidentifikasi penyebab kejadian erosi di alam
- Guru memotivasi siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
- Guru menyamakan persepsi tentang penyebab erosi tanah di alam
c) Kegiatan akhir (45 menit)
1) Guru mengadakan refleksi kegiatan
2) Memberi tugas Pekerjaan Rumah (PR)
3) Menyampaikan materi pertemuan yang akan datang
Penilaian Pembelajaran :
a) Jenis : Tes Tertulis
b) Bentuk : Isian
c) Instrumen : Terlampir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar