Shidew

Minggu, 05 Juni 2011

Skenario Pembelajaran daur ulang plastik

Judul : Mengelola Barang Bekas
Sasaran : Siswa SD kelas V semester 2
Durasi : 2 jam pelajaran (2 x 35 menit)
Penulis : Kelompok 2 Kelas 6 semester 1
Dosen : Drs. H. Nahrowi Adjie, S. Pd, M. Pd

A. Pengantar
Siswa SD kelas V semester 2 diharapkan sudah memiliki dan menguasai materi tentang mengelola barang bekas. Pengelolaan barang bekas ini mencakup pengelolaan daur ulang sampah plastik yakni berkarya dari sampah plastik menjadi benda yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Siswa diharapkan mampu berkreasi melalui benda yang murah dan tidak terpakai, menjaga lingkungan sekitar, kreatif membuat karya hasil daur ulang.

B. Sinopsis
Kegiatan Belajar Mengajar dimulai dengan sajian fakta menarik tentang lingkungan. Selanjutnya, guru membimbing siswa untuk menyebutkan macam-macam sampah. Guru membawa contoh hasil karya dari sampah plastik yaitu bunga lily buatan. Hingga akhirnya setelah pelajaran ini, siswa dapat membuat sendiri bunga lily dari sampah plastik.

C. Setting
Ruang kelas : Terdiri dari meja dan kursi guru, meja dan kursi siswa-siswa

D. Properti
- Sedotan bekas minuman
- Gabus bekas buah apel atau pir
- Lem
- Gunting
- Gambar akibat dari permasalahan sampah

E. Talent : Guru dan siswa-siswanya

F. Naskah :
1. Guru memasuki ruangan kelas
2. Guru mengucapkan salam
3. Siswa-siswi berdiri dan membalas salam
4. Guru mempersilahkan siswa-siswinya untuk duduk kembali dan guru menunjuk seorang siswa untuk memimpin do'a
5. Siswa-siswi berdo'a
6. Guru mulai mengabsen siswa-siswi
7. Guru memulai pelajaran dengan bertanya kepada siswa,
"Anak-anak, coba perhatikan sampah yang ada di sekitar kalian! Sampah apa saja yang ada? Coba sebutkan!"
Siswa-siswi menjawab dengan beragam sampah yang ada di sekitarnya.
"Sisa makanan, kertas, barang-barang dari plastik, kain bekas, tisu, botol-botol, bahkan mungkin sampai mainan-mainan atau peralatan rumah dan kendaraan yang tidak terpakai lagi serta masih banyak lagi"
"Nah, pada hari ini, ibu akan membahas tentang sampah"
8. Guru bertanya kembali kepada siswa. "Coba ada yang dapat menyebutkan jenis-jenis sampah?"
Siswa menjawab dengan berbagai jawaban.
"Ya, sampah terdiri dari sampah organik, sampah anorganik, dan sampah B3"
9. Guru menjelaskan perbedaan sampah organik, sampah anorganik dan sampah B3.
- Sampah organik yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan yang bisa terurai secara alamiah/biologis. Misalnya sisa makanan.
- Sampah anorganik yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan yang sulit terurai secara biologis sehingga penghancurannya membutuhkan penanganan lebih lanjut. Misalnya plastik dan styrofoam.
- Sampah B3 (bahan berbahaya dan beracun) yaitu sampah yang terdiri atas bahan-bahan berbahaya dan beracun. Misalnya bahan kimia beracun.
10. Guru memperlihatkan gambar akibat dari permasalahan sampah selain masalah persoalan lingkungan, kerawanan sosial dan bencana kemanusiaan.
11. "Nah, untuk menjaga lingkungan agar tetap sehat dan sampah tidak menggunung salah satunya melalui recycle (daur ulang). Pada kesempatan kali ini, kita akan berkreasi dengan sampah plastik. Sampah ini akan dijadikan barang yang bermanfaat. Sekarang, ibu akan membagi kalian ke dalam 3 kelompok, setiap kelompok akan dibagikan lembar kerja dan bahan-bahannya. Silahkan berkreasi!"
12. Siswa-siswi membuat bunga lily buatan dengan lembar kerja yang telah dibagikan.
13. Guru meminta peserta didik membuat hasil laporan kreasi bunga lily buatan.
14. Siswa mengumpulkan hasil kreasi bunga lily buatan.
15. Guru memberi penguatan kepada kelompok yang berkreasi paling baik.
16. Guru menutup pelajaran hari ini.
"Anak-anak, pada hari ini kita telah mengurangi beban sampah yaitu dengan cara daur ulang sampah plastik menjadi hiasan bunga lily yang cantik. Nah, silahkan buat kreasi lain dari sampah plastik di rumah. Pertemuan minggu depan dikumpulkan. Kita akhiri perjumpaan kita hari ini, Assalamu'alaikum wr wb"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar