Shidew

Sabtu, 04 Juni 2011

Kurikulum ala TOBAT

MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM

Ala TOBAT
(Tyler, Oliva, Beaucamp,Taba)
Pengembangan Kurikulum model Tyler

  • Menentukan tujuan
  1. Disipline oriented, kurikulum berpusat pada penguasaan berbagai konsep dan teori seperti yang tergambar dalam disiplin ilmu
  2. Child centered, kurikulum yang berpusat pada pengembangan pribadi siswa (yang berhubungan dengan minat dan bakat serta kebutuhan untuk membekali hidupnya)
  3. Society centered, kurikulum yang diposisikan oleh sekolah sebagai alat untuk memperbaiki kehidupan masyarakat
  • Menentukan pengalaman belajar
Prinsip menentukan pengalaman belajar

  1. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
  2. memuaskan siswa
  3. melibatkan siswa
  4. mencapai tujuan yang berbeda
  • Mengorganisasi pengalaman belajar
Jenis-jenis pengorganisasian pengalaman belajar



  1. Pengorganisasian secara vertikal
  2. Pengorganisasian secara horizontal
Prinsip-prinsip dalam mengorganisasi pengalaman belajar

  1. Prinsip kesinambungan
  2. Prinsip urutan isi
  3. Prinsip kontinuitas
  • Evaluasi
Fungsi evaluasi

  1. Memperoleh data tentang ketercapaian tujuan oleh peserta didik (fungsi sumatif)
  2. Melihat efektifitas proses pembelajaran (fungsi formatif)
Pengembangan kurikulum model Oliva
Model kurikulum harus bersifat sederhana
Komponen-komponen pengembangan kurikulum

  • Rumusan filosofis, sasaran, visi-misi lembaga pendidikan
  • Analisis kebutuhan masyarakat
  • Tujuan umum
  • Tujuan khusus
  • Pengorganisasian rancangan dan implementasi kurikulum
  • Penjabaran tujuan umum
  • Penjabaran tujuan khusus
  • Penetapan strategi pembelajaran
  • Studi awal strategi
  • Implementasi strategi pembelajaran
  • Evaluasi pembelajaran
  • Evaluasi kurikulum
Pengembangan Kurikulum Model Beaucamp

  • Menetapkan wilayah atau arena yang akan melakukan perubahan suatu kurikulum
  • Menetapkan orang-orang yang akan terlibat dalam proses pengembangan kurikulum
  • Menetapkan prosedur yang akan ditempuh
  • Implemetasi kurikulum
  • Pelaksanaan evaluasi kurikulum
Pengembangan Kurikulum Model Taba
Pengembangan kurikulum sebagai suatu proses perbaikan dan penyempurnaan kurikulum
Lima langkah pengembangan kurikulum Taba:
 1. Menghasilkan unit-unit percobaan (pilot unit):
a.
  • Mendiagnosis kebutuhan 
  • Memformulasikan tujuan 
  • Memilih isi 
  • Mengorganisasi isi melalui seleksi isi 
  • Memilih pengalaman belajar 
  • Mengorganisasi pengalaman belajar 
  • Menentukan alat evaluasi serta prosedur yang harus dilakukan siswa 
  • Menguji keseimbangan kurikulum 
2. Uji coba unit
3. Revisi unit
4. Mengembangkan keseluruhan kerangka kurikulum
5. Implementasi kurikulum yang telah teruji


Tidak ada komentar:

Posting Komentar