MODEL-MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM
Ala TOBAT
(Tyler, Oliva, Beaucamp,Taba)
Pengembangan Kurikulum model Tyler
- Menentukan tujuan
- Disipline oriented, kurikulum berpusat pada penguasaan berbagai konsep dan teori seperti yang tergambar dalam disiplin ilmu
- Child centered, kurikulum yang berpusat pada pengembangan pribadi siswa (yang berhubungan dengan minat dan bakat serta kebutuhan untuk membekali hidupnya)
- Society centered, kurikulum yang diposisikan oleh sekolah sebagai alat untuk memperbaiki kehidupan masyarakat
- Menentukan pengalaman belajar
- Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai
- memuaskan siswa
- melibatkan siswa
- mencapai tujuan yang berbeda
- Mengorganisasi pengalaman belajar
- Pengorganisasian secara vertikal
- Pengorganisasian secara horizontal
- Prinsip kesinambungan
- Prinsip urutan isi
- Prinsip kontinuitas
- Evaluasi
- Memperoleh data tentang ketercapaian tujuan oleh peserta didik (fungsi sumatif)
- Melihat efektifitas proses pembelajaran (fungsi formatif)
Model kurikulum harus bersifat sederhana
Komponen-komponen pengembangan kurikulum
- Rumusan filosofis, sasaran, visi-misi lembaga pendidikan
- Analisis kebutuhan masyarakat
- Tujuan umum
- Tujuan khusus
- Pengorganisasian rancangan dan implementasi kurikulum
- Penjabaran tujuan umum
- Penjabaran tujuan khusus
- Penetapan strategi pembelajaran
- Studi awal strategi
- Implementasi strategi pembelajaran
- Evaluasi pembelajaran
- Evaluasi kurikulum
- Menetapkan wilayah atau arena yang akan melakukan perubahan suatu kurikulum
- Menetapkan orang-orang yang akan terlibat dalam proses pengembangan kurikulum
- Menetapkan prosedur yang akan ditempuh
- Implemetasi kurikulum
- Pelaksanaan evaluasi kurikulum
Pengembangan kurikulum sebagai suatu proses perbaikan dan penyempurnaan kurikulum
Lima langkah pengembangan kurikulum Taba:
1. Menghasilkan unit-unit percobaan (pilot unit):
a.
- Mendiagnosis kebutuhan
- Memformulasikan tujuan
- Memilih isi
- Mengorganisasi isi melalui seleksi isi
- Memilih pengalaman belajar
- Mengorganisasi pengalaman belajar
- Menentukan alat evaluasi serta prosedur yang harus dilakukan siswa
- Menguji keseimbangan kurikulum
2. Uji coba unit
3. Revisi unit
4. Mengembangkan keseluruhan kerangka kurikulum
5. Implementasi kurikulum yang telah teruji
Tidak ada komentar:
Posting Komentar